Pengertian Tentang Resistor


komponen resistor


Resistor atau biasa yang di sebut tahanan atau penghambat, dalah suatu komponen elektronik yang memberikan hambatan terhadap perpindahan elektron (muatan nrgatif). resistor di singkat dengan huruf "R" (huruf R besar).resistor mempunyai nilai hambatan listrik,nilai hambatan suatu resistor disebut resistansi.resistansi suatu resistor dinyatakan dalam satu ohm,yang ditemukan oleh ahli fisika dari jerman yaitu George ohm (1787-1854) . dan di ukur untuk tempratur standar ruangan yaitu 25 º C, nilai hambatan dalam ribuan ohm dinyatakan dengan kilo ohm .dan unutuk nilai jutaan ohm dinyatakan dengan mega ohm (M Ohm)
1 k ohm = 1,000 ohm
1 M ohm = 1,000,000 ohm.

contoh :
        1.200 ohm ditulis 1k2
        2.200.000 ohm ditulis 2,2 M ohm

nilai hambatan resistor yang berbentuk silinder dan berbadan kecil ditulis dengan menggunakan kode warna ,sedangkan untuk resistor berbadan besar di tulis dengan angka biasa .

power rating
power rating adalah daya suatu resistor yang menunjukan daya listrik maksimum yang dapat di serap oleh resistor tersebut sampai 70ºCpower rating dinyatakan dalam watt.

contoh:
mempunyai daya ½ W,artinya resistor ini hanya dapat di aliri arus listrik dengan daya ½ W.bila dialiri denagan daya lebih dari ½ W maka resistor akan rusak , untuk resistor berbadan sedang power ratingnya ditulis pada badan resistor yang bersangkutan . untuk jelasnya kita perhatikan gambar berikut

contoh gambar resistor berbadan kecil

contoh gambar resistor berbadan besar

untuk menanbah power rating resistor dapat dilakukan dengan jalan memparalelkan beberapa resistor Namun dengan memparalelkan beberapa resistor maka nilai hambatannya akan mengecil.

contoh :
dua resistor masing-masing 10 ohm , ½ W di gabung paralel maka daya total nya menjadi 1 W.tetapi hambatan totalnya menjadi 5 ohm (lihat gambarnya)




Jenis resistor

berdasakan  pengunaan nya,resistor dibagi menjadi empat bagian 
  • resistor biasa
  • resistor berubah (variable)
  • resistor ntc dan pts
  • LDR(light dependent resistor)

pembaca resistor

pembaca resistor bisa dilihat pada warna cincin yang melingkupinya 4 cincin,5 cincin,6 cincin. semakin banyak cincin semakin akurat nilai tahananya.