Membuat Lampu Flip-Flop Modern

Skema Rangkaian
skema rangkaian lampu flip-flop

Komponen 
  • R1,R2,R3                = 100 K ohm
  • R4                            = 4k7 ohm 
  • R5,R7.R8,R9           = 470 ohm
  • C1                             = 1uF/16V
  • Q1,Q2,Q3,Q4,Q5,  = BC 547 B
  • IC1                            = 3130
  • IC2                            = 4017
  • P1                             = 500 K ohm 
  • D1,D2,D3,D4,D5     = LED 
Cara kerja

Rangkaian ini di gunakan untuk menyalakan LED dengan nyala kedap - kedip .padadiagram di perlihat kan lima buah LED sekaligus , cara yang digunakan adalah adalah menghubungkan jaringan reset ( diperlihatkan  di hubungkan pada keluaran 5) pada keluaran berikutnya atau jika sepuluh LED di pasang sekaligus jaringan reset dapat dihilangkan sama sekali .
tentunya untuk tambahan setiap LED harus disertakan setiap keluaran yang sesuai (terdiri dari sebuah transistor dan resistor).

Rangkaian sederhana ini mampu menyalakan sepuluh LED dalam waktu bergantian . kecepatan pergantian nyala ditentukan oleh penyetelan potensiometer P1 .model perintang dasar rangkaian ini menggunakan lampu nyala kuning untuk peringatan yang menyala bergantian. Gambar rangkaian  ini menunjukan bagaimana LED dapat menyala dan tetap menyala dalam rangkaian dengan menggunakan dioda diantara tiap tingkat keluaran, katoda pada dioda di hubungkan dengan emitor T2 ,dioda   kedua dihibungkan diantara basis T2 dan emitor T3 ,dan seterusnya .

Penyusunan sederhana ini memadai untuk menghasilkan pengaruh yang diinginkan,LED menyala dalam mode to dan fro (kesana kesini) yang di peroleh dengan menghubung basis transistor pada keluaran IC2, Cara yang di tempuh adalah katoda dioda pertama di hububgkan pada basis T1 dan anodanya dihubungkan pada pena 3 dari ic 4017 dua dioda di hubungkan pada basis  T2 ,satu ke pena 2 dan lainnya ke pena 6 T3 di hubungkan ke pena 4 dan 5,T4 di hubungkan ke pena 7 dan 1 dan akhirnya T5 di hubungkan pada pena 10.

Dengan mengubah panorama pena secara acak , maka diperoleh rangkain peraga.perlu di perhatika bahwa untuk  mengunakan keluaran lebih banyak , hubungan reset nya harus digeser pada keluaran berikutnya yang tidak dipakai.

Semua efek yang dihasilkan di padukan agar diperoleh jenis rangkaian yang "aneh dan menarik",penjelasan secara sederhana adalah penguat operasi IC1 menghasilkan denut-denyut gelombang segiempat dengan terus - menerus mengisi dan mengosongkan kondensator C1. jika resistansi potensiometer P1 dinaikan ( waktu pengisian dan pengosongan kondensator ), frekuensi osilator akan turun .hal ini mengakibatkan LED menyala dalam waktu yang lebih lama.

Denyut gelombang di berikan pada pencacah pembagi sepuluh melalui IC2.keluaran dari pencacah ini akan tinggi setiap kali mendapat satu denyut.keluaran yang sebelumnya tinggi kini menjadi rendah ,sehingga LED yang di hubungkan melalui resistor dan transistor padam sedangkan LED menyala.

selamat mecoba ! ! !